Panduan Setting Transaksi Webpul ke IRS via IP Official (Host To Host)

Kali ini saya akan berbagi Panduan Setting Transaksi Webpul ke IRS via IP Official (Host To Host), mungkin ada di antara teman teman pengguna webpul kesulitan untuk setting transaksi ke supllier dengan SW IRS.

Kendala

Kendala yang sering dialami adalah untuk setting URL Report di pihak supplier IRS nya, karena di IRS tidak support untuk URL Report dengan protokol https, sedangkan dari webpul sendiri biasanya di setting redirect dari http ke https.

Dari kendala diatas biasanya walaupun bisa transaksi tapi laporan gagal dan sukses tidak bisa masuk, harus melakukan push transaksi dulu baru bisa masuk.

Untuk setting di halaman H2H nya tidak ada yg spesial, seperti biasa saja.

Setting Transaksi Webpul ke IRS via IP Official (Host To Host) – Blog EbudsPay

Untuk mendapatkan Username dan Password bisa dengan ketik RESETWEB.PIN ke center jabber Supplier tersebut.

Solusi

Sekarang kita fix problem di URL Report nya, karena IRS gak support URL Report dengan protokol https, maka kita berikan URL Report kita dengan protocol http, tapi sebelum itu kita harus menambahkan sedikit script di file index.php.

if(strpos(strtolower(trim(@$_SERVER['REQUEST_URI'])), 'api') !== false){}else{if (isset($_SERVER['HTTPS']) && ($_SERVER['HTTPS'] == 'on' || $_SERVER['HTTPS'] ==    1) || isset($_SERVER['HTTP_X_FORWARDED_PROTO']) && $_SERVER['HTTP_X_FORWARDED_PROTO'] ==    'https') {    $protocol = 'https';} else {    $protocol = 'http';}if ($protocol == 'http' && substr($_SERVER['REQUEST_URI'], 0, 12) !=    '/sms-gateway') {    header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");    header("Location: https://" . $_SERVER['HTTP_HOST'] . $_SERVER['REQUEST_URI']);    exit();}}

Copy Paste script di atas ke file index.php, untuk penempatan nya bisa liat gambar di bawah.

Sebelum di edit.
Sesuudah di edit.

Fungsi dari script tersebut adalah agar URL Report bisa di akses dengan protokol http, sesuai yang di butuhkan di supplier IRS, karena jika tidak menggunakan script tersebut, walaupun kita akses dengan http akan otomatis di alihkan ke https.

Script di atas bagikan oleh Rizky Nurhakim pemilik webpul Kimnoon Cell di Group, kemudian saya perjelas penggunaannya disini.

Selamat mencoba, semoga berhasil.